Pages

Selasa, 23 November 2010

Pemimpin itu. .

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pemimpin dalam arti proses ataupun hasil. Ada baiknya mengetahui artian kepemimpinan dalam pengertian umumnya. Menurut Ensiklopedia umum halaman 549 kata kepemimpinan ditafsirkan sebagai hubungan yang erat antara seorang dan sekelompok manusia karena ada kepentingan bersama. Dalam pengertian tersebut, kepemimpinan itu mempunyai komponen yang terdiri dari seseorang itu sendiri (subyek dari pemimpin), sekelompok orang (obyek dari kepemimpinan), dan keterkaitan yang berupa hubungan antara seorang dan sekelompok orang. Ketiga komponen itu merupakan satuan yang tak dapat dipisahkan satu sama lain. Sehingga nantinya akan menggiring dalam definisi kepemimpinan dalam arti yang luas.

Setelah itu kita dapat mengolongkan pemimpin kedalam proses atau hasil. Untuk pemimpin yang merupakan proses. Dapat dijelaskan bahwa pemimpin adalah suatu kegiatan dimana didalamnya terdapat proses belajar seseorang dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pemimpin. Tugas tersebut berupa pertanggungjawaban atas sekelompok manusia yang dipimpinnya dan didalamnya terdapat proses mengajak, mengkooordinasi dalam suatu kegiatan untuk memenuhi sasarannya. Kemampuan seorang pemimpin tidak serta merta muncul begitu saja dalam diri seorang manusia. Tetapi kemampuan tersebut diperolehnya dalam suatu proses belajar. Dapat dikatakan bahwa pemimpin tersebut mengalami proses pembelajaran selama menjalankan kegiatan kepemimpinannya. Selain itu proses pembelajaran dimaksudkan bahwa pemimpin melakukan inovasi untuk mengembangkan kegiatan kepemimpinannya sesuai tuntutan yang ada.

Sedangkan pemimpin dalam pengertian hasil. Dapat diartikan bahwa pemimpin merupakan suatu produk dari interaksi orang itu sendiri dengan sekelompok orang yang dipimpinnya. Dimana nantinya interaksi tersebut dapat mengolah pemimpin menjadi suatu yang tidak didapatkan dari kegiatan lain. Yaitu kemampuan dalam melakukan kepemimpinan. Tidak hanya itu, hasil disini dapat berarti bahwa kegiatan dalam memimpin itu tidak melulu dituntut untuk menjalani pembelajara terus-menerus tetapi juga didalamnya dapat membentuk suatu keperibadian seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Ataupun dari hasil perilaku yang memang terbentuk sejak dini.


Sesuai dangan uraian diatas, pemimpin itu bukan hanya sekedar dari suatu proses tetapi juga merupakan suatu produk  dalam suatu kegiatan yang dinamakan kepemimpinan. Maksudnya pemimpin itu mempunyai mekanisme kerja yang didalamnya bukan hanya sekedar pengerjaan tetapi adanya tuntutan terhadap perubahan dan peningkatan kemampuan dalam menjalankan tugasnya. Tidak hanya mengandalkan kemampuan yang ada tetapi juga didalamnya harus ada pengembangan sikap yang diperlukan dalam kepemimpinan. Jadi, dengan begitu pemimpin bukan sekedar  hanya sebagai atasan yang identik dengan perintah tapi juga pemberi contoh bagaimana menjadi sesuatu yang bisa dijadikan pedoman bagi yang dipimpinnya.


(untuk bahan essay dalam leadership management basic training)
12 November 2010;10:58




                                                                                    Kholif Mawadda Dian Pratiwi
                                                                                    2201410119
                                                                                    Kelompok 2

0 comments:

Posting Komentar