Pages

Jumat, 21 Januari 2011

Kebingungan Yudisium, Regristasi ulang, dan KRS

Sudah selese ujian dan hari yudisium tinggal besok lusa. Terus gimana caranya buat liat nilainya? Apa dilakukan secara onlen? Atau bisa dilihat di kampus? Ayau gimana? Terus habis itu buat regristrasinya gimana? Bayarnya dimana? Ngisi KRSnya gimana?. Banyak banget yah pertanyaanya. Kebanyakan ini terlontar dari mahasiswa yang masih semester satu.

Sebelumnya saya juga masih bingung untuk proses penerimaan nilai semester dan regristrasi ulang kuliahnya. Maklum saya juga mahasiswa semester satu. Apalagi kebetulan dapet wali dosen yang sekaligus ketua jurusan. Resikonya ya gak keurus. Tapi untungnya atas informasi dari teman-teman jadi sedikit mengerti cara –caranya. Terutama buat mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Dah chek this out!

  • Pertama, tentang yudisium. Yudisium adalah terminal akhir penentuan keberhasilan seseorang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Lulus ujian tugas akhir adalah salah satu komponen pertimbangan dalam yudisium. Jadi , disini mahasiswa mendapatkan hasil studi selama satu semester. Untuk melihat hasil studi bisa lewat online (log in sikadu -> mahasiswa -> kartu hasil studi). Apabila nilai belum keluar. Bisa dikonsultasikan dengan dosen wali.

  • Setelah mendapatkan hasil studi, kemudian tidak hanya liburan seenaknya sendiri. Melanco kesana-kesini. Tapi mahasiswa masih dibebankan untuk melakukan regristrasi ulang. Nanti mahasiswa harus membayarkan uang semesteran untuk semester depan yang akan diambil. Pembayaran bisa dilakukan di bank yang ditunjuk oleh pihak univrsitas.

untuk UNNES sendiri menunjuk bank BNI sebagai bank yang melayani pembayaran semesteran. Tinggal datang ke bank terdekat serta membawa kartu tanda mahasiswa (KTM) dan ATM yang dibuatkan oleh universitas. Kemudian bisa bilang ke teller mau membayar semester dan tunjukan KTM. Maka langsung bisa dilakukan pembayaran secara tunai ataupun transfer.

  • Baru setelah melakukan regristasi melalui pembayaran. Mahasiswa bisa melakukan pengisian KRS. Biasanya sebelum pengisian KRS diadakan perwalian terlebih dahulu. Dimana wali dosen mengadaka pertemuan dengan mahasiswa yang diampu untuk memberikan jadwal yang harus diambil saat pengisian KRS. Ataupun kalau tidak ada perwalian bisa langsung mengisi KRS sesuai jadwal yang diinginkan. (log in sikadu -> mahasiswa -> pengisian KRS)
  • Baru kita bisa tenang liburan. Tinggal menunggu jadwal disetuju oleh wali dosen.

Selesailah tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mengikuti semester selanjutnya. Memang tidak sulit tapi juga tidak gampang. Sebaiknya jika ada jadwal pasti segera melakukan apa yang sudah terjadwal. Sebaiknya jangan ditunda-tunda, karena bisa menyusahkan diri sendiri. Kalaupun masih ada yang dibingungkan bisa Tanya ke senior atau wali dosen langsung.

Semoga bermanfaat J


http://amaliautamima.wordpress.com


1 comments:

Sri Murtini mengatakan...

menarik sekali,, terimakasih atas informasinya.. sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentunya.. thanks for sharing . nice post

ST3 TElkom

Posting Komentar